Minggu, 02 Januari 2011

PEMROGRAMAN DELPHI PADA LINUX UBUNTU

Hai agan" semua..
Pa kabar nich sekarang?
hehehehe...
Semoga baik-baik selalu y..

Nah, jadi begini nich ceritanya..
Ane nich sebenernya newbie alias orang baru dalam penggunaan Linux..
Tapi ane bener" tertarik ma nich OS, keren abis gag kalah jauh ma wedus..
Bahkan dari segu animasi dan kenyamanan pengguna, Linux udah user friendly banget sekarang bahkan melebihi wedus..

Tapi mpe krg ane msih make Dual OS, Wedus 7 ma Linux Ubuntu 10.10..
Yah, sebenernya bukan karena setengah hati, tapi karena masih ada tugas kampus yang mengharuskan menggunakan program dalam wedus (ini waktu ane lum tau klo thu program juga ada dalam Linux)..
Sebenernya thu software pemrograman, setelah ane googling n ikut berbagai forum..
Jeng..Jeng..Jeng..
Apakah yang saya dapatkan?

Tuhan memberkati ku, ada juga thu program meski nama na berbeda namun fungsinya sama bahkan lebih lengkap...

Mau tau programnya?
Langsung saja ke TKP... (OVJ lovers)
Program yang saya pake di Wedus thu Delphi, tapi bosen make wedus, jadi setelah melakukan hal di atas akhirna ketemu..
Program na adalah Lazarus (di Linux, di wedus ada juga sech), tapi bagi yang belum tau, awal pembuatan aplikasi dengan program Lazarus ini agak berbeda dengan Delphi.

Jika menggunakan Delphi, ketika awal menjalankan Delphi muncul sebuah Form yang dapat langsung kita operasikan dan compile, namun tidak begitu dengan Lazarus..
Caranya tidaklah rumit, hanya tinggal beberapa kali klik maka beres..
(Untuk syntax dalam Lazarus = syntax dalam Delphi)

Biar gag berpanjang lebar..
Ane kasi tutorial awal gimana mengoperasikan Lazarus baik untuk pemrograman Visual maupun yang berbasis console seperti Pascal atau juga dengan MySQL..



Ini Link nya | Klik Disni.

Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar