Minggu, 02 Januari 2011

MODEM SMART ZTE AC2726i DI LINUX

Hai agan" semua..
Ane mau share tentang modem smart ane yang ane coba di Ubuntu..
Ubuntu yang ane pke yang 10.10...
Sebenernya, ini udah banyak di post di blog-blog lain..
Tapi berhubung ane make ni modem ya ane share aja..
Biar lebih banyak referensi gitu..

Ada beberapa dalam make ni modem, diantaranya :
1. Network Connection
Klo boleh dibilang sech, ni cara yang paling gampang karena gag usah install apa pun, tinggal colok modem na doang gtu, caranya :
- Colokin modemnya dan tunggu beberapa menit.
- Klik kanan pada Network Connection yang berada disebelah kanan atas.
- Jika opsi enable mobile broadband telah muncul lalu klik. Jika belum tunggu beberapa saat hingga muncul opsi itu.
- Klik kanan sekali lagi lalu pilih Edit Connection atau System->Preferences->Network Connections.
- Pilih Tab Mobile Broadband.
- Klik ADD
- Forward saja seperi biasa.
- Pada Country List pilih Indonesia -> Forward

- Berhubung smart tak ada, pilih yang ke-2 (I Can't bla..bla..bla) hehehehehe... Forward->Apply

- Kemudian tinggal isi Username dan password na aja -> Apply
- Username : smart
- Password : smart
- Terakhir klik kiri sekali lagi pada tray icon Network Connections di kanan atas.
- Lalu pilih smart connections 1.
- Tinggal tunggu dan terkoneksi dech...

2. Dengan Aplikasi Modem ZTE yang mirip kayak di Wedus.
- Download file Aplikasi Modem ZTE AC2726 | Di sini.
- Lakukan step 1 mpe 3 dari Opsi yang pertama di atas.
- Setelah file *.deb terdonlod, Install aplikasi tersebut dengan cara :
  1. - Klik 2x file tersebut maka akan membuka Ubuntu Software Center, pilih install.
      - Jika pada installasi terdapat pesan error tekan saja OK.
      - Lalu cek pada Applications->Internet Jika sudah ada aplikasi ZTEMT UI maka installasi berhasil.
      - Jika ZTEMT UI tak ada ulangi proses d atas.
  2. Lewat terminal
      - ketik : sudo dpkg -i nama_file.deb
Tampilan dari apliksi ini mirip dengan yang di Wedus namun fungsinya sama sekali tak ada bedanya dengan yang di Wedus


3. Dengan WVDIAL.
Nah untuk cara yang satu ini ane pernah nyoba n berhasil tapi agak ribet..
tapi klo dah lese semua stepna, untuk koneksi jauh lebih gampang dari kedua opsi di atas..
berhubung thu cara panjang amat jadi ane kasi link ke tempat ane nyari thu cara ya..
ehehehheehe...
mohon maaf sebelumnya..
Nich Link na | Klik disni.

Semoga bisa membantu..

2 komentar:

  1. wah belum pernah nyoba gan..
    maaf ya lama bls nya gan..
    coba join di http://www.facebook.com/groups/new.bie.linux/

    BalasHapus