Rabu, 11 April 2012

Enable Tapping Touchpad di OpenSUSE 12.1

Wooollllaaa....
Kita jumpa lagi, setelah sekian lama sibuk di kampus, berkutat dengan proposal, rapat" dan bercinta (Ahihihihi...kidding ^_^).
Akhirnya ane dapet nge-blog lagi.
Nah alkisah nich, setelah berinteraksi dengan banyak orang dan banyak hal, akhirnya saya beralih hati dari pengguna Ubuntu menjadi pengguna OpenSUSE..

KENAPA???
Banyak alasan donk sob, salah satunya masalah VGA dan kompatibelitas dengan projector, maklum laptop ane banyak maunya (sama kayak yang punya gan).
Selain itu juga, ane pengen belajar ngoprek selain Ubuntu, jadi biar tahu gitu maksud na gan..

Singkat cerita nech, ane dah suskes 'n berhasil nginstall OpenSUSE di laptop ane gan, wah bener kata temen-temen, VGA langsung work dan gag da crash dengan DE.
Tapi eee punya tapi, ane gag bisa make Tapping (kayak ngeklik di mouse gtu) di Touchpad ane, seperti biasa ane pun searching di google dan ternyata Tapping nya di disable secara default oleh OpenSUSE.

Trus cara nya enablein gimana????

Gampang gan, gini nich caranya :
1. Buka konsole (Terminal)
2. Lalu ketikan perintah : synclient TapButton1=1 TapButton2=2 (kemudian enter)

Nah, jika ada pesan error yang mengatakan permission not permitted, tinggal ditambahkan perintah sudo di depan perintah tersebut dan jika diminta password root, masukan password user anda.

Jika perintah di atas berhasil, maka muncul pertanyaan lagi, Gimana caranya biar permanent??

Langsung aja nich gan:
1. Buka konsole
2. Ketikan perintah : sudo kwrite /home/<nama_user>/.kde4/Autostart/<nama_file>
    contoh               : sudo kwrite /home/huscle/.kde4/Autostart/tapping
3. Setelah terbuka text editor ketikan perintah :
    #!/bin/sh
    synclient TapButton1=1 TapButton2=2
4. Kemudian save dan keluar.
5. Masih di konsole, ketikan :
    sudo chmod u+x /home/<nama_user>/.kde4/Autostart/<nama_file>
6. Silahkan restart untuk melihat hasil nya gan

Work 100% di Laptop ane (ASUS G50Vt)
Semoga bisa membantu ya gan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar