Senin, 16 Januari 2012

Problem Interface di Wireshark pada Ubuntu 11.10

    Berjumpa kembali nih gan sama ane, kalo misal nya kita ketemu nih gan (Harapan dari lubuk hati paling dalam kita semua bisa saling sharing gan), just call me Koh Saha ok. Waktu ini ane nemu masalah sama Wireshark di Ubuntu 11.10, entah kenapa ga bisa detect Interface/Network Adapter satupun. Setelah searching" di Mbah Google, akhirnya ane nemu solusinya gan, berikut ini langkah-langkah nya gan :

1. Buka Terminal (Ctrl + Alt + T) -> Hampir di setiap post ane tentang Linux Ubuntu pasti ane minta buka Terminal dulu, hehehehehe...

2. Masuk sebagai root dengan perintah
    sudo su
    (Masukan password user jika diminta)

3. Install setcap executeable 
    apt-get install libcap2-bin

4. Membuat group wireshark
    groupadd wireshark

5. Menambahkan user kita ke group wireshark
    usermod -a -G wireshark YOUR_USER_NAME
    contoh
    usermod -a -G wireshark huscle

6. Merubah direktori dumpcap ke group wireshark
    chgrp wireshark /usr/bin/dumpcap

7. Merubah mode ke 750
    chmod 750 /usr/bin/dumpcap

8. Memberikan kemampuan/tugas ke setcap
    setcap cap_net_raw,cap_net_admin=eip /usr/bin/dumpcap

9. Mengecek perubahan
    getcap /usr/bin/dumpcap

10. Jalan kan wireshark dan silahkan coba mengcapture. Kalo gag mau, coba di restart dulu PC nya kemudian jalankan lagi wireshark.

Semoga membantu gan, dalam kasus ane, ini work 100%.

Nb : saya asumsikan wireshark telah terinstall. Jika belum, silahkan install via paket manager atau download filenya pada situs resminya.

Sumber : http://www.tavshed.com/?p=104

2 komentar:

  1. gan kalau filed jalanin /usr/bin/dumpcap nya,, permisioan dineid,, np tu ya?

    BalasHapus