Sabtu, 14 Januari 2012

4Gb RAM dengan Kernel PAE di Ubuntu 11.10

    Halo lagi agan-agan, kali ini ane mau berbagi info (walo di inet dah banyak) tentang cara membaca Kapasitas RAM agar di baca maximum, dalam kasus ane, RAM ane 4Gb tapi cuma dibaca 3Gb, hal ini baik di Windows maupun Ubuntu ini karena OS nya 32bit. Tapi di Ubuntu meskipun OS kita 32bit tetep bisa baca Kemampuan RAM hingga maximum (Up to 64Gb). Caranya adalah dengan menginstall Kernel PAE.

Apa itu PAE?

    Dari sumber yang ane baca, "PAE (Physical Address Extension) merupakan teknologi yang memungkinkan OS 32bit mampu menggunakan RAM hingga 64Gb seperti pada OS 64bit"

Cara installnya gimana?

    Cara installnya gampang banget gan, yang penting ada koneksi internet gan, cukup dengan beberapa langkah :

1. Buka Terminal (Ctrl + Alt + T).
2. Ketikan perintah berikut
    sudo aptitude install linux-generic-pae linux-headers-generic-pae
    (Masukan password user jika dibutuhkan)
3. Setelah proses selesai, restart PC/Laptop anda.

Untuk mengecek apakah berhasil terinstall bisa di cek di System Monitor ini SS dari Laptop ane sebelum dan setelah menggunakan Kernel PAE (Perhatikan pada bagain Memory nya).

Sebelum menggunakan Kernel PAE

Setelah menggunakan Kernel PAE

Semoga bisa membantu. ^_^ 

Sumber : http://www.unixmen.com/just-upgraded-to-4go-or-more-ram-install-pae-kernel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar