Kamis, 22 Desember 2011

Install Java Runtime di Ubuntu 11.10

    Halo agan" sekalian, kita ketemu lagi. Kali ini yang saya bahas mengenai peng-installan java runtime (jdk-jre) di Ubuntu 11.10 (Walo bukan hal baru sich). Seperti yang kita ketahui Oracle sudah tak bersama" dengan Canonical lagi, sehingga produk dari Oracle tak lagi ada di repository Ubuntu. Contohnya OpenOffice menjadi LibreOffice dan tentunya yang kita bahas sun-java6-jdk menjadi openjdk.
     Namun ada beberapa bug yang menyebabkan openjdk tak sestabil sun-jdk, pengalaman pribadi saya menggunakan openjdk7, entah kenapa program yang saya buat tak pernah bisa dicompile. Akhirnya ane memutuskan pindah ke java yang versi 6, waktu itu adanya yang openjdk tapi waktu ane mau install via terminal atau package manager, dibilang udah gag ada gan, akhirnya ane googling 'n ketemu versi 6 nya oracle gan. Caranya kayak gini nich :

1. Buka Terminal (Ctrl + Alt + T).
2. Ketikan perintah berikut satu-persatu :

sudo add-apt-repository ppa:ferramroberto/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install sun-java6-jdk sun-java6-plugin

3.Nah udah lese deh agan" semua.

Tapi punya tapi nich, entah kenapa, di laptop temen ane gan yang baru install Ubuntu 11.10, waktu dia nyari openjdk6, ada 'n bisa di install gan. Klo yang openjdk6 nya installnya kanyak gini gan :

1. Buka Terminal (Ctrl + Alt + T).
2. Ketikan, sudo apt-get install openjdk-6-jdk
3. Udah dech gan.

Nah kalo mau liat review yang ane bahas di atas (Masalah pada javanya) bisa cek disini.

Nb : Harus ada koneksi internet. Jika diminta masukan password, masukan password user agan" ya..

Salam hangat.
Semoga bisa membantu. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar