Minggu, 11 Desember 2011

Enable Sound Headphone di Ubuntu pada Laptop ASUS

      Salam agan-agan semua, Go Open Source.Setelah sekian lama googling dan mencoba berbagai tutorial dari para master, akhirnya ane nemu nich gan caranya buat mengaktifkan Sound Headphone dari jack Laptop ASUS G50V.Sempat putus asa dan frustasi pada awalnya, namun atas berkat dari yang di atas, ane dikasi keyword yang tepat untuk mbah google dan hasilnya mantap.Sound laptop ane gag cuma bisa dari speaker tapi juga dari headphone.Oh ya, ane make Linux Ubuntu 11.10 sekarang.Untuk mengaktifkan, dapat dilakukan langkah sebagai berikut :

1. Buka terminal (Ctrl + Alt + T)
2. Ketik (tanpa tanda "") "sudo gedit /etc/modprobe.d/alsa-base" (atau alsa-base.conf untuk distro yang baru)
3. Tambahkan salah satu dari perintah berikut di baris paling bawah

options snd-hda-intel model=m51va position_fix=0
atau
options snd-hda-intel model=asus-mode3

(dalam kasus saya, karena perintah pertama secara default sudah ada, jadi saya hapus dan ganti dengan perintah ke dua)
4. Ketikan sudo reboot (untuk restart)
5. Setelas selesai restart silahkan coba menggunakan headphone.

Nb : jika menggunakan vga di luar intel (nVidia/ATI) kayak kasus ane ni gan, aktifin/install dulu vga nya gan, baru lakuin langkah di atas. Dan yang terpenting pastikan alsa-base dan alsamixer terinstall.

Semoga bisa membantu.
Work 100% di laptop ASUS saya gan..

Sumber :http://www.linlap.com/wiki/asus+g50v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar