Minggu, 01 Juli 2012

Accounting Format di LibreOffice Calc

Hahai...Jumpa lage ma ane Mr.Koh nich agan semua..
Kali ini ane mau nambah catatan ane mengenai LibreOffice Calc..
Jadi ceritanya gini, paman ane minta tolong buat diketikin daftar gaji pegawai, nah ketika ane mau ngisiin (Rp) secara otomatis lewat format currency ternyata sama kayak currency di Ms.Excel na wedus, ane kira mau sama kayak format accountingnya yaitu (Rp) nya di rata kiri dan nominalnya di rata kanan..

HHHhmmmmmmm...problem nich...

Tapi tenang,ada mbah google, setelah ane berselancar, ane nemuin tuh caranya biar mau kayak format accounting di Ms.Excel na mikocok wedus yang SS nya kayak gini nich gan....


Langsung aja nih gan caranya :

1. Buka LibreOffice Calc -> ketik 10000 di salah satu cell nya
    (ini contoh aja dulu gan, jadi ane buatnya cuman di satu cell aja)

2. Setelah itu klik kanan cell tersebut dan pilih Format Cells atau
     Pilih cell yang berisikan text 10000 lalu klik Format di Toolbars kemudian pilih
     cells.
 
3. Pilih Tab Number, di Category pilih Currency, Language pilih Indonesia,
     di Format pilih IDR Rp Indonesian, dan pilih salah satu contoh penulisan.
     (Jangan menekan OK terlebih dahulu).


4. Setelah itu, cek di kolom Format code, maka akan muncul seperti ini
     [$Rp-421]#.##0;([$Rp-421]#.##0)

     nah, code di atas tinggal di tambah spasi diantara tanda ] dan # jadinya

     [$Rp-421] #.##0;([$Rp-421] #.##0)

5. Masih belum neken OK ya, berikutnya pilih tab Alignment, kemudian pada Text
    Alignment Horizontal pilih Distribute dan kemudian tekan OK..

Wwwooollaaawww...maka hasilnya akan sama persis dengan Format Accounting pada Ms.Excel mikocok wedus...Ahihihihihihi....^_^

Walo bukan info baru, tapi baru bagi ane & semoga bisa membantu ya...
Go FOSS.

Sumber : http://timordotx.blogspot.com/2012/04/memodifikasi-currency-format-menjadi.html

2 komentar:

  1. Jiah, hahaha
    ane selancar malah ini yang nomor 1,
    wkwkkwwk
    makasi gan (y)

    BalasHapus
  2. Mantap... sangat membantu. terima kasih yah

    BalasHapus